Manfaat ASI Eksklusif untuk Daya Tahan Tubuh Bayi

Air Susu Ibu (ASI) ialah makanan yang paling sempurna untuk bayi.  ASI pertama mengandung zat khusus yang disebut kolostrum. Ini adalah cairan kekuningan yang penuh protein dan berfungsi meningkatkan kekebalan dan antibodi bagi bayi.  Karena di dalam ASI terkandung berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan sangat kompleks. Dengan memberikan ASI pada bayi akan membuat sistem imunnya meningkat dan kebal terhadap penyakit.

ASI mengandung antibodi yang membuat sistem kekebalan bayi kuat dan terhindar dari bakteri dan virus.

Sehingga risiko terserang penyakit seperti diare, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, atau meningitis lebih rendah dibanding bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif. Antibodi dari ibu juga membuat bayi terhindar dari asma, alergi, dan eksim.

Sampai saat ini belum ada makanan ataupun zat lainnya yang kemampuannya melebihi ASI. Di dalamnya juga mengandung zat imun tubuh yang bisa menjaga daya tahan tubuh si bayi dari berbagai macam penyakit. Agar nutrisi dalam ASI terpenuhi, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan  yang bergizi dan mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil.

Selama menyusui, Anda disarankan untuk menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Karena asupan tersebut akan memengaruhi ASI dan bisa berdampak buruk bagi bayi. Menerapkan pola makan sehat sangat dianjurkan ketika Anda sedang menyusui. Anda harus memperbanyak mengonsumsi buah, sayuran, daging tanpa lemak, makanan berserat, susu, dan air putih.

Program ASI eksklusif tidak bisa dilakukan oleh wanita yang sedang menjalani kemoterapi, mengidap tuberkulosis, pengguna narkoba, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau penderita HIV.

Masih banyak lagi manfaat dari ASI ekskulif seperti membuat bayi menjadi cerdas, berat badan bayi menjadi ideal, tulang bayi lebih kuat, bayi mendapat limpahan kolesterol, dapat mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak saat dia tidur dan masih banyak lagi manfaat dari ASI ekslusif. Jadi, bagi para ibu berilah ASI eksklusif pada bayi anda agar bayi tumbuh menjadi bayi yang sehat.

Leave a Reply