Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Kue

Kue merupakan penganan atau cemilan enak yang dimakan kapan saja. Minat orang untuk makan kue ini dapat dijadikan peluang usaha 2017. Sebab pasarnya selalu ada. Sebenarnya kiat sukses menjalankan bisnis itu hampir sama di setiap bidang. Hanya perlu sedikit penyesuaian saja tergantung dari model bisnis dan sasaran konsumennya.

Dalam membangun bisnis rumahan ibu rumah tangga, hal yang perlu diperhatikan adalah mengenal bisnis tersebut, membuat rencana, kemudian mulai membangun bisnis yang akan ditekuni. Sebelum mengenal bisnis, tentu Anda sudah lebih dahulu mengumpulkan informasi mengenai berbagai bisnis yang ada dan kemudian memutuskan untuk terjun ke bisnis tersebut. Nah, jangan berhenti mengumpulkan informasi, tetapi kali ini setelah mengambil keputusan, kumpulkan informasi yang fokus berkaitan dengan bisnis Anda. Untuk rincinya, mari simak langkah-langkah berikut ini.

Membuat Rencana Masak-masak

Seperti telah disinggung sebelumnya, seluruh bisnis tentunya perlu perencanaan yang matang. Demikian juga dengan bisnis kue ini. Perhitungkan segala langkah yang akan diambil. Sehingga Anda dapat mengatasi masalah yang kemungkinan akan datang di kemudian hari. Seringkali walau sudah ada berbagai jalan antisipasi, terkadang masalah yang tak diduga pun bisa muncul. Maka dari itu perhitungkan segala aspek yang ada. Bila perlu, Anda bisa juga berdiskusi dengan orang yang berpengalaman atau seorang konsultan yang terperaya.

Buat rencana dengan rinci dan sesuai dengan kondisi pasar. Tetapi ingat, jangan terlalu menggebu-gebu tidak realistis, Anda harus bisa menyusun rencana yang realistis agar tak terlalu susah untuk diwujudkan. Mulai dari yang mudah terlebih dahulu, rintis bisnis secara pelan-pelan, baru kemudian pikirkan langkah pengembangan setelah bisnis sudah semakin mapan.

 

Menentukan Sasaran Konsumen

Tentukan sasaran atau segmen pasar bisnis Anda. Dalam hal kue, Anda harus tentukan segmen konsumen mana yang dibidik. Apakah segmen penggemar kue tradisional atau segmen kue modern yang lebih digemari oleh remaja dan wanita karir karena kemasannya yang lebih praktis. Atau Anda ingin menggarap keduanya atau memulai dengan salah satu di awal. Toh Anda tetap bisa mengembangkan segmen pasar Anda setelah usaha berjalan. Tetapi dengan menentukan pasar inilah Anda akan menentukkan jenis kue yang akan diproduksi.

Siapkan Modal yang Cukup

Semua bisnis pasti membutuhkan modal. Modal ini tak hanya dana, tetapi juga jaringan pemasaran produk Anda nantinya. Nah, untuk bisnis kue, tentu saja Anda harus memiliki modal untuk membeli bahan-bahan pembuat kue dan peralatannya. Bila Anda telah memiliki jaringan distribusi untuk memasok kue produksi Anda tentu lebih bagus lagi. Jika tidak, maka Anda bisa membuat langkah-langkah strategi pemasaran, baik dengan mebagikan sample atau berpromosi di jejaring sosial.

Manfaatkan dengan baik semua modal yang ada. Bukan berarti modal besar akan mendatangkan laba yang besar. Anda tetap bisa mengelola modal kecil seefektif dan seefisien mungkin agar bisa meraup laba yang besar.

Memulai Produksi

Nah bila sudah mantap dengan langkah-langkah di atas, maka waktunya memulai produksi. Siapkan bahan-bahan sesuai dengan kue yang akan diproduksi. Tentu saja jumlah produksi kue pun harus disesuaikan dengan jumlah perkiraan penjualan kue. Sebaiknya jangan membuat jumlah kue yang berlebihan sehingga menimbulkan stok yang tidak laku. Bisnis makanan perlu perencanaan yang matang dalam menentukan jumlah, karena umur dari makanan biasanya tak tahan lama jika ingin membuat makanan sehat yang tak menggunakan bahan pengawet.

Demikianlah beberapa kiat sukses yang bisa diterapkan untuk membangun usaha rumahan. Selamat mencoba!

Leave a Reply