7 Sistem Operasi Gratis Untuk Smartphone

Berbeda dengan sistem operasi pada computer pc yang dibedakan menjadi sistem operasi gratis dan berbayar. Di smartphone semua sistem operasi yang tertanam didalamnya adalah gratis. Ketika berbicara mengenai sistem operasi pada computer maka yang kita pikirkan adalah windows. Namun ketika kita berbicara mengenai sistem operasi smartphone tentu saja yang akan muncul dibenak kita adalah android.

Sebelum android muncul, sebenarnya sistem operasi yang sangat popular adalah sistem operasi gratis Symbian. Sebagian besar sistem ini terpasang dihandphone nokia. Namun ditahun yang semakin maju, sistem operasi Symbian sudah semakin ditinggalkan dan mulailah dengan penggunaan sistem operasi cerdas yaitu Android.

Sistem operasi yang ada dismartphone atau handphone cukup banyak dan bervariasi, beberapa diantaranya akan saya paparkan diartikel ini.

1). Sistem Operasi Symbian

Syimbian menjadi sistem operasi yang sulit untuk dilupakan, sebab Symbian ini merupakan sistem operasi yang merajai dunia sebelum keluarnya android. Symbian bukanlah sistem operasi yang open source, jadi sistem ini bersumber tertutup.

2). Sistem Operasi Gratis Java

Jika Symbian sangat identic dengan handphone keluaran nokia, maka java ini sangat identic dengan handphone bermerk sony ereccsion produk Negara jepang. Sistem operasi java ini merupakan sistem operasi yang dengan Java Virtual Machine sebagai fundamental, kenapa begitu. Salah satu alasannya karena sistem operasi ini dikembangkan oleh SUN Microsystems.

3). Sistem Operasi Blackberry

Di Indonesia, sistem operasi gratis untuk smartphone yang satu ini sempat popular. Terutama dengan fitur BBM-nya yang menjadikan banyak sekali orang Indonesia menginginkan handphone blackberry. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, karena hampir sama seperti nokia, pada akhirnya BBM pun kalah bersaing dengan sistem operasi Android maupun Ios.

4). Sistem Operasi Windows

Windows ternyata tidak hanya mengembangkan sistem operasinya khusus untuk PC saja, tetapi juga mulai merambah dunia smartphone. Hal ini terlihat jelas ketika perusahaan induk windows yaitu Microsoft mengakuisi perusahaan nokia. Sehingga Microsoft mengeluarkan sistem operasi gratis windows versi mobile.

6). Sistem Operasi IOS

Berbeda dengan sistem operasi lainnya. Sistem operasi IOS hanya bisa digunakan pada perangkat-perangkat mobile yang dibuat oleh apple. Saat ini satu-satunya saingan dari android ya sistem operasi ini. IOS merupakan sistem operasi berkelas tinggai karena harganya untuk membeli perangkat yang berisi sistem operasi ios tidaklah murah.

7). Sistem Operasi Gratis Android

Siapasih diantara kita yang belum tahu tentang sistem operasi yang satu ini. Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa bidang digital yaitu google dan sifatnya open source. Bisa jadi android merupakan sistem operasi paling banyak digunakan.

Cukup sekian artikelĀ  yang dapat saya share kepada teman-teman, semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply