Inilah Batas Modofikasi Motor Yang Diperbolehkan Menurut Hukum

Bicara soal modifikasi motor, sepertinya anda semua masih kebingungan dimana batas yang diperbolehkan dan di larang. Sebab selama ini sosialisasi aturan tentang hal ini masih simpang siur. Bahkan pihak kepolisian saja masih banyak yang belum memahami betul tentang konsep modifikasi yang diperbolehkan dan yang dilarang. Akibatnya ketika melakukan operasi lalu lintas, masih tumpang tindih.

Disisi lain, masyarakat juga tak banyak yang tahu soal modifikasi. Kebanyakan bahkan tidak berfikir bahwa ada beberapa bagian modifikasi yang dilarang. Masyarakat tahunya hanya melakukan modifikasi, tanpa berfikir ada yang dilarang dan diperbolehkan. Hal ini tentu tak lepas dari kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah pada hukum yang telah ditetapkan.

Modofikasi yang diperbolehkan

Nah, kali ini kita bicara soal modifikasi motor yang diperbolehkan. Melalui Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan kendaraan umum, kita bisa tahu bagian mana saja yang diperbolehkan dan bagian mana yang tidak diperbolehkan. Berikut beberapa bagian yang diperbolehkan:

  1. Tidak Mengubah konstruksi kendaraan dan jarak Sumbu

Pada dasarnya modifikasi pada motor kamu bisa kamu lakukan kapan saja dan baimanapun bentuknya, sepanjang itu tidak mengubah konstruksi kendaraan dan jarak sumbunya. Kamu bisa melakukan modifikasi sepanjang pada bagian perpanjangan atau pemendekan landasan ( Chasis ) saja. Hal ini berarti juga berlaku pasa semua bagian asli kendaraan bermotor saat kamu beli. Semuanya harus masih dalam ada. Meski boleh kamu ganti.

  1. Tidak merubah warna dasar kendaraan

Jelaskan sudah, kamu boleh mengubah warna motor yang kamu modifikasi, selama warna dasarnya tidak kamu hilangkan. Kalau warna dasarnya hitam ya tetap modifikasi motor kamu dengan warna hitam. Gunakan daya kreativitas kamu untuk melakukan semua itu. nah, kalau kamu mengubah warna dasarnya, kamu harus melakukan pembaharuan STNK. Istilahnya sih buat STNK baru.

  1. Boleh Modifikasi Mesin, Selama pakai mesin dengan merk dan type yang sama

Modifikasi mesih ini juga berlaku ketika kamu hendak mengganti mesin. Selama dengan merk dan tipe yang sama masih diperbolehkan kog. Kamu mungkin bisa mengganti dengan mesin yang lebih baru.

Jadi tak perlu kan hanya karena modifikasi mootor lalu kena dengan 24 juta rupiah?

Leave a Reply