Tips Berhijab untuk Pemula

Menggunakan hijab pada dasarnya merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Namun, bagi anda yang baru memulai berhijab, proses untuk dapat tetap istiqomah bisa jadi merupakan proses yang tak mudah. Setelah membeli hijab dari toko yang jual hijab online ataupun offline, tantangan berikutnya adalah membiasakan diri untuk menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari dan menerima respon dari lingkungan sekitar.

Bagi anda yang baru memulai berhijab, ada beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menjaga keistiqomahan anda dalam mengenakan jilbab.

  1. Menggunakan hijab dan pakaian yang nyaman

Memutuskan berhijab bukan hanya tentang menutupi kepala dengan kain saja. Tentu saja gaya berbusana lainnya akan turut mengikuti. Misalnya saja, anda jadi tidak lagi bisa menggunakan celana, rok, ataupun baju dengan model yang pendek atau tipis saat keluar rumah. Pada awalnya, anda mungkin akan merasa cukup gerah dan agak tidak nyaman, apalagi di waktu siang pada hari yang terik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pakaian dan hijab yang nyaman bagi anda dan mampu memberikan rasa adem.

Pakaian dengan bahan seperti katun, katun jepang, rayon, dan sifon dapat menjadi pilihan yang dapat anda kenakan. Sedangkan untuk hijab, sebaiknya anda memilih bahan yang adem dan ringan seperti wollycrepe atau jersey agar kepala tidak terasa terbebani. Jika anda tidak mengerti dengan bahan kain, anda dapat menanyakannya pada penjual atau melihat deskripsi barang jika anda membeli di toko yang jual hijab online.

Selain itu, memilih model yang anda sukai juga dapat membantu anda agar cepat terbiasa dengan hijab yang anda kenakan. Akan tetapi, pilihlah pakaian dengan model yang masih sesuai dengan syariat dan tidak ketat atau transparan.

  • Tanggapi dengan santai komentar yang datang

Setiap perubahan pasti akan memunculkan komentar, baik itu positif maupun negatif. Cobalah untuk tetap menanggapi komentar tersebut dengan santai dan tenang. Berterimakasihlah atas komentar positif yang datang, dan tanggapi dengan santai terhadap setiap komentar negatif yang anda terima.

  • Terus Belajar

Ilmu yang baik akan membuat anda semakin yakin dengan pilihan anda. Oleh karena itu, penting untuk senantiasa belajar untuk meningkatkan pengetahuan anda, khususnya ilmu tentang agama. Anda bisa mendapatkan ilmu melalui majelis ilmu atau kajian. Selain itu, dengan rajin mengikuti kajian, anda juga bisa bertemu dengan teman seperjuangan dan bertukar cerita dan tips tentang berbusana muslimah.

Bagi anda yang baru saja menggunakan jilbab, anda bisa mendapatkan berbagai hijab dan busana muslimah yang sesuai dengan selera anda di toko seperti Hijup.com yang jual hijab online berkualitas dan dalam berbagai macam variasi.

Leave a Reply