Ingin Mencoba Sehari Bak Bidadari? Kunjungi Air Terjun ini

Pernah mendengar legenda bidadari yang turun dari Kayangan? Dimana bidadari tersebut mandi di sebuah air terjun kemudian diintip oleh seorang pemuda bernama Jaka Tarub di balik bebatuan besar. Mitos inilah yang menjadikan air terjun di kawasan Sentul dinamakan Air Terjun Bidadari. Lebih tepatnya berada di Jalan Bojongkeneng, Kabupaten Bogor.

Penasaran ingin menyaksikan langsung air terjun Bidadari? Yuk datang ke Kota Bogor. Jika kamu berasal dari luar Pulau Jawa atau ingin terhindar dari macet dapat cari tiket pesawat online dengan destinasi Jakarta.

Ada Apa di Air Terjun Bidadari?

Selain air terjun, hamparan batu besar yang berada di depan air terjun menyimpan sejuta mitos. Salah satu mitos yang paling kuat, dari celah batu besar inilah Jaka Tarub mengintip para bidadari yang sedang mandi. Namun di masa kini, keberadaan batu besar tersebut menghalangi keindahan air terjun Bidadari.

Alhasil, batu besar itupun dibelah agar air terjun dapat mengalir luas. Pembelahan batu itu pun terkait akses jalan menuju air terjun Bidadari yang sulit. Bayangkan saja, sebelum ada perbaikan jalan, wisatawan harus menempuh dua kilometer untuk menikmati dinginnya air terjun Bidadari.

Kini, untuk sampai di air terjun Bidadari menjadi lebih cepat. Saat tiba di gerbang masuk, pemandangan Gunung Salak, hamparan sawah yang menguning atau menghijau, jembatan, serta anak-anak tangga harus kamu lalui.

Tinggi air terjun Bidadari tergolong rendah hanya 50 meter. Debit airnya pun tidak terlalu deras namun mampu terus mengalir memenuhi kolam yang berada tepat di depannya setelah bebatuan.

Kolam itupun menjadi penampung air terjun Bidadari dan diperuntukkan untuk berenang anak-anak karena kedalamannnya yang hanya 30 centimeter. Sehingga anak-anak pun dapat berenang dengan aman tanpa harus takut tenggelam. Masih berada di kawasan yang sama, tersedia juga kolam renang khusus dewasa yang kedalamannya mencapai 1,5 meter.

Umumnya air terjun lama-lama memiliki warna yang keruh. Tapi ini tidak berlaku di air terjun Bidadari, air yang mengalir hingga ke kolam-kolam tetap berwarna jernih bahkan sinar Matahari pun menembus hingga ke dalam. Air yang berada di kolam renang, murni berasal dari air terjun Bidadari dan tanpa pengawet air. Sehingga akan aman jika kamu sensitif dengan kaporit. Kolam renang di air terjun Bidadari pun bak pantai buatan dengan adanya pasir putih dan pepohonan kelapa yang ada di pinggiran kolam. Pasir putih ini sengaja dikirimkan dari Pulau Belitung yang kini lebih dikenal dengan Pulau Laskar Pelangi.

Selain wisata air, kamu bisa mencoba wahana lainnya seperti flying fox, wave fool, lazy pool, dan permainan perahu tangan. Pihak pengelola pun menyediakan sewaan baju renang ataupun ban renang.

Tiket Masuk Air Terjun Bidadari

Salah satu pikiran yang harus dihindari saat traveling ke objek wisata alami yakni “ Objek wisata alam kok tetep dipungut biaya sih!” tolong hindari pemikiran seperti itu ya, karena di grup traveling masih saja traveler yang mengatakan seperti itu.

Biaya retribusi tiket masuk ke objek wisata alam termasuk air terjun Bidadari digunakan untuk pemberdayaan dan menjaga keindahan alam tersebut. Hanya saja, ketika akan membayar biaya retribusi bayarlah di gerbang utamanya langsung. Hindari membayar di calo demi kemudahan masuk.

Biaya retribusi air terjun Bidadari seharga Rp30.000,- . Biaya tike masuk dapat berubah sewaktu-waktu khususnya saat liburan dan akhir pekan. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan hanya Rp5.000,- saja.

Cara Menuju Air Terjun Bidadari

Lebih baik gunakan kendaraan pribadi motor atau mobil. Jika tidak ada kamu bisa sewa kendaraan di Bogor. Hal ini dikarenakan akses masuk menuju air terjun Bidadaari tidak dilalui angkot, kamu harus menggunakan ojek yang harganya cukup tinggi kurang lebih Rp50.000,- sekali jalan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dapat kamu ikuti yaitu masuklah melalui Tol Jagorawi dan keluar dari Tol Sentul City. Ikuti petunjuk arah menuju Sentul Paradise Park.

Air terjun Bidadari buka mulai dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Agar lebih menyenangkan, bawalah perlengkapan piknik seperti tikar karena fasilitas duduk di tempat air terjun Bidadari masih sangatlah kurang. Pun begitu dengan persediaan uang. Bawalah uang yang cukup karena di sekitaran daeraj air terjun Bidadari tidak ada mesin ATM.

Untuk sementara ini pihak pengelola air terjun Bidadari belum menyediakan penginapan untuk para pengunjungnya. Kamu dapat beristirahat dengan cari hotel termurah di Bogor yang berada di kawasan sentul melalui www.reservasi.com. Hotel apapun sesuai dengan keinginan kamu dapat kamu cari melalui aplikasi atau situs www.reservasi.com

Leave a Reply