Traveling Ke Sam Poo Kong Si Gedung Batu Laksamana Cheng Ho Terbaru

Berbicara tentang destinasi wisata di daerah Semarang, tentu tidak akan ada habisnya, banyak artikel tentang traveling telah menyebutkan hal ini. Salah satu destinasi wisata yang populer ialah Sam Po Kong. Terletak di Jalan Simongan Raya No. 129 Semarang, menjadikan objek wisata ini mudah dijangkau dan mudah dilihat oleh para pemakai jalan raya. Lokasinya yang sangat strategis, memudahkan para wisatawan untuk berkunjung. Hanya dengan membayar 5ribu rupiah untuk wisatawan lokal, kamu dapat melihat peninggalan sejarah dari Laksamana Cheng Ho serta merasakan suasana pecinan yang sangat kental.

Hal Menarik di Klenteng Sam Po Kong

Ada beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Sam Poo Kong, yaitu:

  1. Wisata Edukasi

Sebagai salah satu peninggalan sejarah, Sam Po Kong kaya akan nilai sejarah tentang kebudayaan Cina di Indonesia, khususnya di Semarang. Sam Po Kong dan sejarah Laksamana Cheng Ho mempunyai ikatan yang sangat erat. Dikatakan, Laksamana Cheng Ho sedang dalam perjalanan yang melewati Laut Jawa. Di tengah perjalanan, beliau jatuh sakit dan akhirnya turun di pantai Simongan, Semarang dan menetap disana. Adapun peninggalan sejarah yang ditemukan  terkait keberadaan beliau ialah kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu) dan patung yang lebih dikenal dengan Mbah Ledakar Juragan Dampo Awang Sam Po Kong. Sangat menarik bukan? Kamu akan menemukan banyak informasi menarik saat berkunjung dan berkeliling di area kelenteng ini.

  1. Foto Hits

Sebagai pengguna social media aktif, tentu kamu tidak akan rela untuk berfoto di tempat-tempat hits nan kece. Kelenteng Sam Po Kong bisa menjadi salah satu alternatif spot foto yang kamu pilih. Selain letaknya yang strategis dan tiketnya yang cukup murah, kamu juga akan menemukan banyak spot foto yang kece abis. Dengan latar belakang bangunan berwarana merah menyala, kesan budaya Cina yang begitu kentara, serta atribut yang mendukung seperti penyewaan baju khas Cina membuat foto kamu bisa menghasilkan gambar yang instagramable.

Harga Tiket masuk Sam Po Kong

Di dalam Klenteng Sam Po Kong ada Klenteng Besar dan Gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan tempat pemujaan. Adapun gedung utamanya ialah Klenteng Besar dan Gua Sam Po Kong, yang merupakan pusat tempat pemujaan dan aktivitas-aktivitas lain. Di antara bangunan-bangunan itu, terdapat jalan yang cukup luas. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengambil foto dari jarak yang agak jauh.

Namun cukup disayangkan, meskipun  harga tiket masuknya hanya lima ribu rupiah, kamu akan dikenai biaya lagi bila ingin masuk ke bangunan tertentu. Hal tersebut sempat dikeluhkan oleh masyarakat Semarang yang kecewa karena harus membayar sekitar Rp. 35.000 untuk menyaksikan bukti sejarah di kotanya sendiri. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa membeli tiket regular saja dengan biaya Rp. 8.000 dan kamu juga tetap bisa melihat bangunan di area Sam Po Kong secara keseluruhan, meski tak semuanya dapat kamu masuki. Ada juga bangunan yang tidak boleh dimasuki oleh wisatawan, dan hanya boleh dimasuki oleh orang-orang yang ingin melakukan sembahyang.

Karena tempatnya yang terbuka dan terletak di daerah dataran rendah, membuat cuaca di daerah kelenteng ini cukup panas dan gerah. Jadi, buat kamu yang ingin refreshing sambil jalan-jalan santai, serta mendapatkan hasil foto yang maksimal, cobalah datang ke Sam Po Kong saat sore hari, lalu tulis artikel tentang travelling kamu sendiri.

Leave a Reply