Imunisasi Apa Saja yang Penting Untuk Kesehatan Anak Anda?

Sebagai orang tua, tentu saja anda ingin anak anda menjadi sehat dan kuat. Berbagai cara akan anda lakukan untuk bisa membuat anak anda memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk kesehatan anak adalah dengan memberikan imunisasi atau vaksinasi kepada anak anda sedari bayi.

Ada berbagai macam jenis imunisasi yang perlu anda berikan pada anak. Apa saja itu? Berikut ini adalah daftar vaksinasi yang perlu anda berikan kepada bayi anda:

  1. Hepatitis B

Pemberian vaksin hepatitis B ini akan membantu anak anda untuk mencegah datangnya infeksi Hepatitis B yang membahayakan. Infeksi Hepatitis B dapat menyerang dan merusak hati anak anda. Apabila penyakit ini berlanjut hingga dewasa, maka infeksi ini dapat berkembang menjadi kanker hati. Pemberian vaksin hepatitis B ini bisa diberikan beberapa jam setelah bayi lahir, dan diulang kembali pada usia 1 bulan dan 6 bulan.

  1. BCG

Pemberian vaksin ini ditujukan untuk mencegah penyakit tuberkulosis paru, kelenjar, tulang, dan radang otak. Infeksi tuberkulosis tersebut dapat menimbulkan resiko kematian atau kecacatan. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memberikan vaksinasi BCG pada anak anda ketika berusia 2 hingga 3 bulan.

  1. DPT

Vaksin DPT ini bertujuan untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Vaksin ini perlu diberikan sebanyak 5 kali, yaitu pada usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 1,5 hingga 2 tahun, dan 5 tahun.

  1. Polio

Penyakit polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Karena itu, untuk mencegahnya anda perlu memberikan anak anda vaksin polio setelah lahir, kemudian pada usia 2, 4, dan 6 bulan. Anda juga dapat mengulangnya lagi pada usia 3 tahun dan 6 tahun.

  1. Campak

Imunisasi campak dapat anda lakukan untuk menghindari anak anda terjangkit radang paru, diare, dan radang otak yang disebabkan oleh virus campak. Vaksinasi campak ini bisa diberikan pada anak anda yang telah berusia 9 bulan dan 6 tahun.

Itulah beberapa vaksinasi dasar yang perlu anda berikan pada anak anda. Lima vaksinasi tersebut telah diwajibkan pemerintah karena memiliki efek mewabah, mematikan, dan menimbulkan resiko cacat seumur hidup.

Oleh karena itu, tentu kita sebagai orang tua harus memberikan berbagai hal yang terbaik untuk sang buah hati. Dengan demikian, anak kita pun menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Meskipun tetap saja yang namanya penyakit itu tidak bisa dihindari. Namun tentu, menghindari lebih baik daripada mengobati bukan?

Leave a Reply