Pipes Kopyor, Hidangan Favorit Saat Mudik dari Sasa Santan Kelapa

Ehmmm, lezatnya pipes kopyor ala sasa santan lebih nikmat.

Mudik lebaran menjadi kegiatan yang paling dinanti saat lebaran tiba. Melepas rindu dengan keluarga jauh yang jarang ditemui menjadi pengalaman tak terlupakan. Apalagi di setiap mudik lebaran kakak selalu menyiapkan hidangan favorit saya semasa kecil yaitu pipes kopyor. Jajanan ini menjadi spesial dengan campuran Sasa Santan Kelapa di dalamnya.

Sebelumnya saya tak tahu jika kakak menambahkan produk santan kelapa dari Sasa ke dalam pipes kopyor. Saya mengetahui hal tersebut setelah bertanya pada kakak perihal rasa gurih pipes kopyor yang terasa sangat nikmat saat disantap. Ia menerangkan bahwa produk santan yang ia gunakan sangat mirip dengan aroma kesegaran santan asli yang baru saja diperas.

Beberapa hari setelah pulang dari mudik rupanya anak-anak ketagihan dengan hidangan tersebut sehingga minta dibuatkan lagi. Untungnya kakak memberi saya beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian sedap tersebut. Tentunya saya tak lupa meminta persediaan Sasa Santan Kelapa milik kakak yang  lumayan banyak di lemari pendingin.

Setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga, saya langsung saja pergi ke dapur untuk segera membuat pipes kopyor pesanan anak-anak. Untuk membuat jajanan ini, pertama-tama tuang santan ke dalam panci bersama gula, garam, vanili dan daun pandan. Kemudian rebus santan tersebut hingga mendidih sampai gula yang ditambahkan tadi mencair.

Ambil lembaran daun pisang yang sudah disiapkan sebelumnya sebagai pembungkus pipes kopyor. Letakkan beberapa potong roti yang sudah dipotong kecil bentuk dadu. Kemudian tambahkan pula potongan pisang, soun yang sudah direbus dan potongan kelapa muda. Siram dengan larutan santan yang telah dimasak tadi ke dalam bungkusan daun kelapa.

Tutup bungkusan pipes kopyor dengan batang lidi yang ditusukkan pada lembaran daun pisang. Kukus bungkusan tersebut hingga matang kira-kira selama dua puluh menit. Setelah matang, dinginkan sebentar pada suhu ruangan lalu masukkan ke dalam kulkas. Anda dapat membuat pipes kopyor yang berkuah ataupun pipes kopyor yang tanpa kuah.

Jika Anda ingin membuat pipes kopyor yang berkuah disarankan untuk menggunakan daun pisang kluthuk yang lebar. Sesampainya mereka di rumah, anak-anak saya langsung saja menyerbu kulkas untuk mencicipi pipes kopyor yang saya buat. Saya senang mereka begitu lahap menikmati hasil kerja kerja keras saya dalam menghidangkan sajian lezat ini.

Bagi Anda yang khawatir saat menggunakan produk santan kelapa instan ini, karena beberapa alasan kesehatan yang tidak baik untuk tubuh. Kini Anda tak perlu bingung dengan kandungan gizi pada santan kelapa ini, sebab produk ini benar-benar terhindar dari kandungan bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh keluarga Anda.

Cara membuat pipes kopyor sangatlah mudah. Apalagi dengan menggunakan Sasa Santan kelapa sebagai campurannya. Produk ini memang bertujuan untuk membuat kita lebih praktis dalam membuat  kreasi makanan yang gurih saat disantap. Terlebih lagi pada ibu-ibu yang memiliki jadwal padat sehingga hanya memiliki sedikit waktu untuk memasak.

Selain praktis, Sasa Santan, Aslinya Santan ini juga sangat serbaguna. Santan kelapa dari Sasa ini dapat ditambahkan pada segala macam masakan, makanan ataupun minuman. Anda pun bisa mendapatkan rasa gurih maksimal dengan bantuan si Sasa. Produk ini juga siap dipakai secara langsung karena santan yang berada di dalm kemasan sudah matang dan tak perlu dimasak lagi dalam penyajiannya.

Leave a Reply