Gaji Kecil Bukan Halangan untuk Memulai Investasi Reksadana

Banyak orang merasa pesimis dengan gaji yang kecil. Tak hanya dianggap sulit memenuhi kebutuhan hidup, gaji kecil juga kerap membuat orang sulit berinvestasi. Padahal kini ada pilihan investasi yang tidak membutuhkan dana besar. Anda bisa memulai investasi di bidang reksadana dengan dana minim.

Reksadana tergolong menguntungkan karena peluang keuntungannya lebih besar dibandingkan bunga deposito. Jika Anda ingin mengumpulkan uang untuk investasi reksadana, Anda bisa memulainya dengan melakukan hal-hal berikut ini:

Menyisihkan Tabungan Khusus

Jangan ragu menyisihkan tabungan khusus untuk investasi. Selain tabungan sebagai cadangan dana darurat, tabungan untuk investasi juga tak kalah penting. Jika sudah menyisihkannya selama beberapa waktu, Anda pasti memiliki uang yang cukup untuk membeli reksadana. Tak perlu menyisihkan dalam jumlah banyak. Beberapa puluh ribu rupiah dalam sebulan pun sudah cukup untuk mewujudkan kepemilikan investasi yang Anda inginkan.

Menjual Barang yang Tak Terpakai

Barang-barang yang sudah tak terpakai di rumah bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Daripada Anda hanya menyimpannya hingga membuat rumah sempit, alangkah lebih baik jika Anda menjualnya. Barang-barang yang masih punya nilai pakai dan kondisinya masih bagus tentu masih memiliki nilai jual. Rumah Anda akan terasa lebih lega, uang hasil penjualan barang-barang tersebut pun bisa Anda manfaatkan untuk berinvestasi.

Mengambil Jatah Lembur

Aktivitas lembur yang membuat Anda mendapatkan penghasilan tambahan juga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tak ada salahnya mengambil jatah lembur agar pendapatan bulanan Anda bertambah. Namun Anda harus memastikan bahwa aktivitas lembur tersebut tak akan mengganggu kualitas kesehatan Anda. Karena Anda sudah terbiasa dengan pekerjaan Anda, lembur tentu bukanlah sesuatu yang terlalu berat bagi Anda. Jagalah kesehatan Anda dengan baik supaya tidak mudah sakit akibat sering lembur.

Menjalani Pekerjaan Sampingan

Pekerjaan utama Anda mungkin tidak memberikan pendapatan yang mencukupi untuk investasi. Jika memang demikian, Anda bisa memulai pekerjaan sampingan dari sekarang. Menjalani pekerjaan sampingan akan memberikan pendapatan tambahan bagi Anda. Sehingga Anda lebih leluasa menggunakan pendapatan tambahan tersebut untuk berinvestasi.

Meminimalkan Gaya Hidup Mewah

Pendapatan selalu cukup untuk kebutuhan hidup, tetapi tak pernah cukup untuk gaya hidup. Oleh sebab itu, Anda sendiri yang harus cermat meminimalkan gaya hidup mewah mulai sekarang. Anda bisa mengurangi jajan di luar atau nongkrong di kafe. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati waktu berkualitas bersama keluarga atau sahabat dengan cara yang lebih hemat. Hasil penghematan Anda bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Mulai Merintis Bisnis Sampingan

Jangan ragu merintis bisnis sampingan untuk menambah pundi-pundi pendapatan Anda. Ada banyak sekali pilihan bisnis yang bisa Anda jalankan bersamaan dengan pekerjaan utama. Bahkan bisnis online juga semakin mudah dirintis dengan modal kecil. Kalau Anda memiliki banyak anggota keluarga di rumah, Anda juga bisa minta bantuan anggota keluarga untuk mengelola bisnis sampingan. Dengan demikian, pekerjaan utama Anda bisa berjalan seimbang dengan bisnis sampingan tersebut.

Kini terbukti kan kalau berinvestasi tidak sesulityang Anda bayangkan. Selalu ada jalan meskipun pendapatan Anda terbilang kecil dan pas-pasan. Investasi sedini mungkin akan membuat kondisi finansial Anda lebih stabil di masa mendatang. Nilai uang Anda pun akan terlindungi dengan baik bila Anda memiliki aset investasi yang jumlahnya besar.

Yuk jadikan reksadana sebagai pilihan investasi andalan Anda. Kini tak butuh modal besar untuk berinvestasi di bidang reksadana. Tabungan investasi Anda pasti cukup untuk merintis investasi reksadana dari sekarang.

Leave a Reply